Tim Perikanan UNHAS Tinjau Inovasi Tankfis

Gowa, BPPMPV KPTK – Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin (UNHAS). Agenda kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau kolam budidaya dan inovasi yang telah dikembangkan oleh BPPMPV KPTK.

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Ketua Departemen Perikanan, Fahrul dan Dosen dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UNHAS, Dody Dharmawan Trijuno dan Rustam. Tamu diterima langsung oleh Kepala BPPMPV KPTK, Ketua Tim Kerja Inovasi dan Kerja Sama, tim perikanan dan pengembang IoT. Tamu ingin melihat langsung hasil inovasi BPPMPV KPTK, yaitu tankfis.

Tankfis merupakan inovasi budidaya perikanan yang diprakarsai oleh Kepala BPPMPV KPTK, Lismanto. Selanjutnya, dikembangkan oleh tim perikanan dan tim TIK. Dengan Tankfis, budidaya tidak perlu di tambak yang luas. Dilengkapi dengan perangkat IoT, memudahkan dalam pengontrolan kualitas air dan pemberian pakan. Memanfaatkan tanki air sebagai wadah budidaya dan IoT sebagai sistem kontrol.

Dosen Perikanan UNHAS, Dody dan Rustam memberikan saran yang perlu ditambahkan dan ditingkatkan agar kualitas hasil budidaya Tankfis mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah berkunjung ke Tankfis, dilanjutkan menuju ke kolam budidaya terpal. Saat di lokasi kolam terpal, dosen Perikanan UNHAS, Dody dan Rustam memberikan saran terhadap kendala yang dihadapi, seperti kebutuhan air laut. Beliau menyarankan agar air ditambahkan garam murni di dalam kolam udang vaname.

Setelah berkunjung ke kolam Tankfis dan kolam terpal, dilanjutkan diskusi di ruang rapat 3 Gedung Utama BPPMPV KPTK. Dalam diskusi tersebut, dilakukan pembahasan mengenai hal-hal yang harus dikembangkan untuk memaksimalkan hasil budidaya.

 

Tim Humas KPTK

 

Lampiran